Tutorial Bodi Email dan Contohnya

Informasi mengenai struktur bodi email agar pembaca bisa membuat email dengan baik dan benar beserta contoh model bodi email untuk lamaran kerja

 

Bodi Email

Email adalah salah satu alat komunikasi paling umum dalam dunia digital saat ini. Baik untuk tujuan bisnis, pribadi, atau pemasaran, email adalah cara efektif untuk berkomunikasi. Tetapi bagaimana Anda membuat email yang menarik dan efektif? Salah satu elemen kunci adalah menciptakan bodi email yang kuat dan informatif. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat bodi email yang efektif dan menarik perhatian penerima.

1. Tujuan Email

Sebelum Anda mulai menulis bodi email, pastikan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan email Anda. Apakah Anda ingin mengirim penawaran produk, mengundang seseorang ke acara, atau hanya ingin berbagi informasi? Menentukan tujuan akan membantu Anda merancang isi email dengan benar.

2. Penargetan Pembaca

Selanjutnya, identifikasi siapa audiens Anda. Siapa yang akan menerima email Anda? Apakah mereka pelanggan potensial, pelanggan lama, atau kontak bisnis? Memahami audiens Anda adalah kunci untuk menulis email yang sesuai dan relevan.

3. Subjek Email

Subjek email adalah elemen pertama yang dilihat oleh penerima, dan ini adalah faktor penentu apakah email Anda akan dibuka atau tidak. Pastikan subjek email Anda singkat, jelas, dan menarik. Ini harus memberikan gambaran singkat tentang konten email Anda.

4. Struktur Bodi Email

Setelah subjek email, langkah selanjutnya adalah merancang struktur bodi email. Ini harus mudah dipahami dan terstruktur dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang struktur email adalah:

  • Pembukaan: Mulailah dengan salam yang ramah dan langsung ke inti pesan Anda.
  • Isi Utama: Ini adalah bagian terpanjang dari email Anda. Jelaskan tujuan Anda secara rinci dan tawarkan informasi yang relevan.
  • Panggilan Tindakan (Call to Action - CTA): Akhiri email dengan CTA yang jelas. Apakah Anda ingin pembaca mengklik tautan, mengisi formulir, atau menghubungi Anda? Beri instruksi yang jelas.

5. Gaya Penulisan

Gunakan gaya penulisan yang sesuai dengan audiens Anda. Jika Anda mengirim email bisnis, gunakan bahasa yang formal. Namun, jika email Anda lebih bersifat pribadi, Anda bisa lebih santai dalam penulisan. Selalu periksa tata bahasa dan ejaan untuk memastikan email Anda terlihat profesional.

6. Konten Relevan

Pastikan bahwa isi email Anda relevan dengan tujuan dan kepentingan audiens Anda. Jangan mengisi email dengan informasi yang tidak relevan atau berlebihan. Cobalah untuk menjaga fokus pada pesan inti Anda.

7. Gunakan Poin-poin Penting

Menggunakan poin-poin penting atau penekanan teks seperti bold atau italic dapat membantu membimbing mata pembaca melalui email Anda. Ini membantu dalam menyoroti informasi penting.

8. Gambar dan Grafik

Tambahkan gambar dan grafik jika sesuai dengan konten Anda. Gambar bisa memperkaya email Anda dan membuatnya lebih menarik. Pastikan ukuran file tidak terlalu besar agar email dapat diunduh dengan cepat.

9. Uji Email Anda

Sebelum Anda mengirim email ke seluruh audiens Anda, uji email Anda terlebih dahulu. Periksa tautan, gambar, dan tampilan email di berbagai perangkat dan platform email yang berbeda. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

10. Pelajari Hasil

Setelah Anda mengirim email, pelajari hasilnya. Perhatikan tingkat bukaan, tingkat klik, dan respons dari penerima. Ini akan membantu Anda memahami apa yang berfungsi dan apa yang perlu diperbaiki di masa depan.


Membuat bodi email yang efektif membutuhkan waktu dan perencanaan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat meningkatkan kesempatan email Anda untuk dibaca dan mencapai tujuan yang Anda inginkan. Ingatlah untuk selalu berfokus pada audiens Anda dan memberikan nilai tambah dalam setiap email yang Anda kirimkan.

Contoh Bodi Email untuk Lamaran Kerja

Bagi pembaca khususnya para pencari kerja, terkadang lowongan kerja online mensyaratkan kita untuk bisa mengirimkan lamaran via email atau yang lebih dikenal biasanya dengan istilah bodi email. Jangan khawatir, berikut akan kami lampirkan contoh bodi email untuk lamaran kerja, semoga bisa membantu ya...!

Contoh Bodi Email Lamaran Kerja

Subjek: Lamaran Kerja Sebagai [Nama Posisi] - [Nama Anda]

Halo Tim Rekrutmen [Nama Perusahaan],

Saya ingin mengajukan lamaran kerja untuk posisi [Nama Posisi] yang tersedia di [Nama Perusahaan], sebagaimana tercantum dalam pengumuman lowongan kerja yang saya temukan di [Sumber Pengumuman] pada [Tanggal Pengumuman].

Saya merasa sangat tertarik dengan [Nama Perusahaan] dan percaya bahwa pengalaman dan keterampilan saya sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan untuk posisi ini. Saya memiliki latar belakang dalam [Sebutkan Pendidikan dan Pengalaman Relevan Anda] yang telah mempersiapkan saya untuk berhasil dalam peran ini. Selain itu, saya memiliki komitmen kuat terhadap [Sebutkan Nilai atau Visi Perusahaan] yang saya lihat di [Nama Perusahaan].

Saya sangat antusias untuk berkontribusi dan tumbuh bersama [Nama Perusahaan] dan percaya bahwa saya dapat membawa nilai tambah ke tim. Terlampir dalam email ini adalah berkas lamaran kerja saya, termasuk [Sebutkan Dokumen yang Dilampirkan, seperti CV dan Surat Lamaran]. Saya akan sangat senang jika saya diberi kesempatan untuk berbicara lebih lanjut tentang bagaimana pengalaman dan keterampilan saya dapat mendukung visi dan tujuan [Nama Perusahaan].

Saya siap untuk menjalani wawancara atau pengujian yang diperlukan dan sangat menghargai pertimbangan Anda terhadap lamaran saya. Jika Anda memerlukan informasi tambahan atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email ini atau melalui telepon di [Nomor Telepon Anda].

Terima kasih atas waktu dan perhatian Anda. Saya menantikan kesempatan untuk berkontribusi pada [Nama Perusahaan] dan menjadi bagian dari tim yang hebat.


Salam hormat,

[Nama Anda]

[Nomor Telepon Anda]

[Alamat Email Anda]


Pastikan untuk menyesuaikan email tersebut dengan informasi pribadi Anda dan perusahaan yang Anda lamar. Selain itu, pastikan bahwa dokumen lamaran yang Anda lampirkan telah disusun dengan rapi dan memenuhi standar yang diharapkan oleh perusahaan yang Anda lamar.


Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Koneksi Internet anda melambat, silahkan reload halaman atau cari koneksi internet yang lebih baik lagi
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi adanya Ad-Blocker!!.
Demi keberlangsungan web ini, silahkan non aktifkan AdBlock anda atau masukkan web ini ke daftar whitelist untuk meneruskan mengakses informasi di web kami